Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 10 Januari 2011

infertilitas

Infertilitas

Apakah infertilitas itu?Arti kata fertilitas adalah kemampuan mengandung atau menginduksi terjadinya konsepsi.Atau juga kemampuan seseorang istri untuk menjadi hamil dan melahirkan anak hidup oleh suami yang mampu menghamilinya.
Dan apakah anda tahu infertilitas?Sedangkan Infertilitas adlah kurangnya atau hilangnya kemampuas menginduksi terjadinya konsepsi dan membesarkan kehamilan serta kelahirannya.Infertilitas di bagi menjadi 2 yaitu :
            1.Infertilitas primer : infertilitas ketika seorang istri belum pernah hamil atau seorang suami belum pernah menghamili istrinya dalam jangka 12 bulan dengan frekuensi senggama normal.
            2. Infertilitas sekunder : ketika seorang istri pernah hamil atau seorang suami pernah menghamiliistrinya,tetapi pada selanjutnya tidak pernah terjadi kehamilan lagi dalam jangka 12 bulan dengan frequensi senggama normal.
Infertilitas tidak hanya terjadi kelainan pada wanita saja.gangguan yang memicu terjadinya infertilitas antara lain :
Pada wanita
  1. Pada wanita
v      Gangguan organ reproduksi
1.      Infeksi vagina sehingga meningkatkan keasaman vagina yang akan membunuh sperma dan pengkerutan vagina yang akan menghambat transportasi sperma ke vagina
2.      Kelainan pada serviks akibat defesiensi hormon esterogen yang mengganggu pengeluaran mukus serviks. Apabila mukus sedikit di serviks, perjalanan sperma ke dalam rahim terganggu. Selain itu, bekas operasi pada serviks yang menyisakan jaringan parut juga dapat menutup serviks sehingga sperma tidak dapat masuk ke rahim
3.      Kelainan pada uterus, misalnya diakibatkan oleh malformasi uterus yang mengganggu pertumbuhan fetus, mioma uteri dan adhesi uterus yang menyebabkan terjadinya gangguan suplai darah untuk perkembangan fetus dan akhirnya terjadi abortus berulang
4.      Kelainan tuba falopii akibat infeksi yang mengakibatkan adhesi tuba falopii dan terjadi obstruksi sehingga ovum dan sperma tidak dapat bertemu
v      Gangguan ovulasi
Gangguan ovulasi ini dapat terjadi karena ketidakseimbangan hormonal seperti adanya hambatan pada sekresi hormon FSH dan LH yang memiliki pengaruh besar terhadap ovulasi. Hambatan ini dapatterjadi karena adanya tumor kranial, stress, dan penggunaan obat-obatan yang menyebabkan terjadinya disfungsi hipothalamus dan hipofise. Bila terjadi gangguan sekresi kedua hormon ini, maka folicle mengalami hambatan untuk matang dan berakhir pada gengguan ovulasi.
v      Kegagalan implantasi
Wanita dengan kadar progesteron yang rendah mengalami kegagalan dalam mempersiapkan endometrium untuk nidasi. Setelah terjadi pembuahan, proses nidasi pada endometrium tidak berlangsung baik. Akiatnya fetus tidak dapat berkembang dan terjadilah abortus.
v      Endometriosis 
v      Abrasi genetis
v      Faktor immunologis
Apabila embrio memiliki antigen yang berbeda dari ibu, maka tubuh ibu memberikan reaksi sebagai respon terhadap benda asing. Reaksi ini dapat menyebabkan abortus spontan pada wanita hamil.
v      Lingkungan 
Paparan radiasi dalam dosis tinggi, asap rokok, gas ananstesi, zat kimia, dan pestisida dapat menyebabkan toxic pada seluruh bagian tubuh termasuk organ reproduksi yang akan mempengaruhi kesuburan.

b.      Pada pria
Ada beberapa kelainan umum yang dapat menyebabkan infertilitas pada pria yaitu :
v      Abnormalitas sperma; morfologi, motilitas
v      Abnormalitas ejakulasi; ejakulasi rerograde, hipospadia
v      Abnormalitas ereksi
v      Abnormalitas cairan semen; perubahan pH dan perubahan komposisi kimiawi
v      Infeksi pada saluran genital yang meninggalkan jaringan parut sehingga terjadi penyempitan pada obstruksi pada saluran genital
v      Lingkungan; Radiasi, obat-obatan anti cancer
v      Abrasi genetik

0 komentar:

Posting Komentar

  © Blogger template PingooIgloo by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP