Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 12 Desember 2010

Menstruasi


MENSTRUASI bisa menjadi salah satu pertanda bahwa seorang perempuan sudah memasuki masa suburnya. Kenapa begitu? Karena secara biologis, menstruasi menandakan sudah terbuangnya sel telur miliknya, yang jelas sudah matang.


Kenapa bisa terjadi begitu? Mengapa tubuh membuang sel telur yang sudah matang ini? Karena ada proses pergantian sel telur dengan sel telur yang baru. Bayangkan saja, kalau seandainya tubuh enggak mengeluarkan sel telur yang sudah matang ini, ya jelas akan menjadi sel telur yang busuk. Nah, sebelum terjadi pembusukan, tubuh membuangnya secara spontan dalam suatu proses menstruasi.


Menstruasi terjadi pada semua wanita yang sehat dan memiliki organ reproduksi yang sehat juga. Jadi, apa kalau cewek enggak mens, berarti enggak subur? Menstruasi memang bisa menjadi salah satu pertanda bahwa cewek memiliki organ reproduksi yang sehat, dan bisa dikatakan pula bahwa menstruasi itu salah satu indikator kesuburan. Cuman, bukan berarti kalau cewek tidak mens berarti tidak memiliki organ reproduksi yang sehat juga. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan siklus dan pola menstruasi menjadi kacau. Ayo kita bahas beberapa di antara faktor-faktor itu.

1. Kondisi hormonal belum stabil
Hal inilah yang menjadi penyebab menstruasi kadang datang kadang tidak atau super telat. Kondisi tubuh remaja yang masih belum stabil ini yang menyebabkan belum sepenuhnya memiliki siklus yang tepat untuk semua fungsinya, termasuk untuk menstruasi. Makanya ada kalanya kita menstruasi sampai dua kali dalam satu bulan, atau malah sampai beberapa bulan menstruasi tak kunjung datang.


Normalkah? Ya. Sampai pada usia tertentu, kondisi ini normal banget. Biasanya sih cewek yang masih SMP atau SMA kelas II atau III masih ada yang belum mendapatkan pola menstruasi yang menetap. Malah ada yang juga perempuan yang ternyata siklus mensnya memang enggak beraturan seperti ini. Nah, kalau kita mau betul-betul tahu tentang normal tidaknya kondisi kita, atau bagaimana sebenarnya siklus menstruasi kita, sebaiknya segera konsultasi ke dokter atau lembaga/pihak yang jago untuk urusan yang satu ini.

2. Kondisi fisik terganggu
Aktivitas yang sangat padat bisa mengganggu siklus menstruasi. Misalnya, di sekolah lagi ada kegiatan besar yang menuntut perhatian dan mengurangi tenaga kita selama hampir tiga bulan. Menstruasi bisa ikutan ngilang selama tiga bulan. Karena kelelahan fisik juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab hormon kita gagal mematangkan sel telur kita. Makanya menstruasi kita jadi mundur selama kurang lebih tiga bulan.

3. Kondisi psikis terganggu
Apa sih kondisi psikis itu? Ya, sederhananya kondisi psikis itu keadaan jiwa kita alias kondisi emosi kita. Ada kondisi stres, sedih berlebihan, panik, senang, dan sebagainya. Nah, ternyata kondisi-kondisi ini juga berperan sebagai salah satu penyebab terganggunya siklus menstruasi.


4. Kurangnya asupan gizi

Kondisi hormon menjadi salah satu faktor yang memengaruhi proses pematangan sel telur. Jika gizi yang diperlukan untuk mematangkan telur tidak terpenuhi, jelas akan menghambat proses menstruasi. Apa aja sih yang bisa memengaruhi kualitas asupan gizi kita? Jelas, yang pertama adalah kualitas dan kuantitas makanan. Dan jangan lupa juga: pola hidup. Kalau kita sudah sangat memerhatikan kualitas dan kuantitas makanan, tetapi enggak diimbangi dengan pola hidup yang jelas, ya sama juga bohong.

5. Hamil
Kehamilan itu bisa terjadi kalau sel telur matang dibuahi oleh sel sperma. Nah, kalau sudah dibuahi, berarti tidak mungkin sel telur matang tadi dikeluarkan. Yang terjadi kemudian adalah sel telur yang dibuahi tadi diantarkan dan disimpan oleh tubuh kita ke dalam rahim untuk kemudian tumbuh dan berkembang menjadi seorang bayi. Begini ini proses terjadinya kehamilan. Makanya perempuan yang sudah dalam keadaan hamil tidak mungkin mens, karena hormon yang biasa digunakan untuk mematangkan sel telur berubah fungsinya menjadi penyedia makanan bagi sang jabang bayi.

0 komentar:

Posting Komentar

  © Blogger template PingooIgloo by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP